PEMASARAN
Pemasaran berasal dari kata 'pasar' berarti suatu tempat atau organisasi untuk kegiatan jual dan beli suatu barang. Pada umumnya ada 2 (dua) jenis pasar, yaitu Pasar Trasidional dan Pasar Modern.
1. Pasar Trasidional, yaitu : Pasar yang proses penjualannya secara tadisional dalam arti tidak memerlukan alat tertentu untuk melakukan transaksi. Proses jual-beli biasanya melalui proses tawar menawar harga, dan harga yang diberikan untuk suatu barang bukan merupakan harga tetap, dalam arti lain masih dapat ditawar, hal ini sangat berbeda dengan pasar modern. Umumnya, pasar tradisional menyediakan bahan-bahan pokok serta keperluan rumah tangga.
2. Pasar Modern, yaitu : Bentuk usaha yang dibangun oleh perseorangan atau lebih yang bersifat modern yang menyediakan berbagai jenis produk. Pasar modern dicirikan dengan tempat yang bersih, penataan barang yang rapi dan higenis. Di pasar modern tidak ada proses tawar menawar dan harga jual sudah ditetapkan sebelumnya.
Pemasaran sendiri mempunyai arti yang berbeda dari pasar yaitu Pemasaran (marketing) adalah suatu proses penyusunan komunikasi terstruktur yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai barang atau jasa dalam kaitannya mempunyai tujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dari proses pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), menetapkan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Sekian dulu dari saya. Tunggu kelanjutannya.
0 Responses to "PEMASARAN DASAR"
Posting Komentar